Tips Agar Smartphone Tahan Lama

Tips Agar Smartphone Tahan Lama

Peugeotpartnership – Seberapa sering Anda mengganti ponsel cerdas? Semakin banyak smartphone baru bermunculan, semakin besar pula daya beli masyarakat pada umumnya. Ini tidak terkecuali bagi Anda yang selalu merasa perlu mengupgrade gadget Anda.

Namun, ada juga orang yang suka berganti smartphone karena sering rusak. Hanya satu atau dua tahun sejak mengapa Anda perlu mengganti ponsel cerdas Anda lagi. Benarkah memiliki smartphone yang kokoh tidak mungkin dilakukan hari ini? Kami yakin kami perlu mempertimbangkan banyak faktor, bukan hanya merek atau harga smartphone.

Jangan mengira bahwa smartphone dengan harga selangit akan menjamin durasi dari smartphone tersebut. Daya tahan smartphone juga sangat bergantung pada pengguna. Apakah kita juga perlu menyadari bahwa kita telah menggunakan dan memelihara smartphone kita dengan baik? Atau mungkin kelalaian kita sendiri yang membuatnya menjadi impian untuk memiliki smartphone yang tahan lama.

Anda pasti menggunakan ponsel cerdas Anda untuk berkomunikasi, bekerja, berselancar, mengakses informasi, dan media sosial. Dengan penggunaan yang sering seperti itu, Anda pasti akan kesal saat smartphone Anda mulai kehilangan performanya. Berikut beberapa tip sederhana agar ponsel cerdas Anda tetap bekerja lebih lama dari berita teknologi gadget. Anda harus berhati-hati dan melakukan hal-hal ini.

Tips merawat smartphone Anda agar lebih tahan dan tahan lama

Tip 1: Ponsel cerdas bertahan setiap kali Anda menggunakan pengisi daya aslinya

Berkat kenyamanan mengisi daya ponsel cerdas Anda, terkadang tanpa disadari Anda mengisi daya ponsel cerdas Anda lebih sering dengan bank daya. Jika Anda buntu, Anda juga dapat menggunakan pengisi daya teman untuk mengisi daya ponsel cerdas Anda. Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini sama sekali tidak memperpanjang umur smartphone?

Jika Anda tidak menggunakan charger asli, bisa merusak baterai smartphone Anda. Kabel pengisi daya memang universal, tetapi kepala pengisi daya belum tentu kompatibel dengan kabel apa pun. Ini perlahan dapat merusak ponsel cerdas Anda.

Selain itu, bank daya tidak dapat memperpanjang umur smartphone, karena panas bank dapat menyebabkan kerusakan. Ini tidak berarti Anda tidak boleh menggunakan bank daya sama sekali. Sesuaikan penggunaan Anda agar tidak terlalu sering dan pastikan Anda menggunakannya saat benar-benar mendesak.

Tip 2: Bersihkan debu yang menempel pada ponsel cerdas Anda

Untuk membuat smartphone tahan lama, pastikan untuk membersihkan debu atau partikel kecil lainnya yang menempel pada smartphone dengan sangat mudah. Bukan hanya yang menempel di layar smartphone. Periksa juga bagian mana pun dari ponsel cerdas yang mungkin terjebak di dalam debu.

Debu yang menempel di smartphone Anda bisa membuatnya lebih mudah panas. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan smartphone secara rutin agar kinerjanya tidak melambat. Jika Anda peduli untuk membersihkan smartphone Anda, Anda bisa menggunakan smartphone yang tahan lebih lama.

Gunakan kain pelindung mata atau kain mikrofiber untuk hasil terbaik saat membersihkan ponsel cerdas Anda. Jika memungkinkan, jangan gunakan tisu karena serat kain mungkin tertinggal di smartphone.

Tip 3: Pilih casing yang tepat untuk smartphone Anda

Aksesoris smartphone memang sangat populer di pasaran dan salah satunya adalah case smartphone. Desain dan warna case smartphone yang ditawarkan pun bermacam-macam, yang bisa bikin kamu bingung dengan pilihannya. Meski terdengar sepele, ternyata smartphone awet juga bergantung pada case yang digunakan.

Casing smartphone orisinal, yaitu aksesori orisinal merek, adalah casing teraman yang dapat Anda pilih. Masalah yang paling sering muncul ketika smartphone menerima case adalah smartphone lebih cepat panas. Untuk itu, Anda perlu lebih berhati-hati dan pintar saat memilih casing yang bisa menghilangkan panas.

Sekalipun ternyata casing smartphone yang dipilih bermasalah dengan pembuangan panas, tetap harus dilepaskan saat mengisi baterai. Ini dapat memperpanjang umur smartphone Anda karena tidak mudah panas berlebihan. Pastikan suhu smartphone tidak terlalu tinggi hanya untuk penggunaan case ya.

Tip 4: Agar ponsel cerdas Anda tetap berjalan, hindari menggunakan ponsel cerdas Anda di tempat yang panas

Bagi Anda yang gemar beraktivitas di luar ruangan, pastikan smartphone Anda tidak terlalu sering digunakan di ruang terbuka yang sangat panas. Dalam kondisi normal, Anda bisa menggunakan smartphone dalam suhu antara 16 hingga 30 derajat Celcius. Smartphone yang kasar biasanya terjadi karena suhu pemakaiannya selalu terjaga dan tidak kepanasan.

Oleh karena itu, penting untuk menyimpan ponsel cerdas Anda di tempat yang cukup aman. Suhu di ruangan tertutup jauh lebih baik untuk menjaga kinerja dan efisiensi ponsel cerdas daripada terlalu sering mengekspos diri Anda di luar. Ingatlah bahwa ponsel cerdas yang kokoh sekalipun membutuhkan penanganan yang baik.

Anda mungkin juga suka...